WAWASAN KEBANGSAAN BENTUK IDEOLOGI PANCASILA

Bertempat di Gor Manunggal Kodim 0607/Kota Sukabumi, Komandan Kodim Letnan Kolonel Kavaleri Mujahidin, S.Sos memberikan materi wawasan kebangsaan kepada  siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-wilayah Kota Sukabumi  yang di ikuti oleh 100 siswa dan guru pembimbing. Senin, 01-10-2018.

 

 

 

 

Pada kesempatan ini Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi, memaparkan wawasan kebangsaan yang bertema "Kita Wujudkan Remaja Sukabumi Yang Tangguh, Berwawasan Kebangsaan dan Kerkepribadian Pancasila" sebagaimana kita tahu Pancasila adalah Ideologi bangsa yang di hasilkan dari kompromi atas realitas obyektif dan subyektif bangsa ini makanya kenapa kita harus menjaga Ideologi Pancasila karena untuk mencegah radikalisme.

Dalam perkembangan berikutnya muncul kesadaran bahwa perjuangan yang bersifat Nasional, yakni perjuangan yang berlandaskan persatuan dan kesatuan dari seluruh bangsa Indonesia akan mempunyai kekuatan yang nyata. Salah satunya sejarah adalah sebagai guru pengalaman kita oleh karena itu kita tidak boleh melupakan sejarah, karena salah satu bentuk yang menyelimuti ideologi Pancasila suatu negara maka tercetus lah 4 konselur Pancasila adalah UUD'45, Kepribadian/ Akhlak Pancasila dari akhlak ini manusia mempunyai akal, Budi pekerti, Beradab, Saling menyayangi, Berbuat baik akan sesama, dan bisa membangun bangsa dengan damai dan sejahtera.

Generasi muda adalah generasi terbaik bangsa, yang bisa membanggakan Suku, bangsa dan agama. Apabila terjadi  gesekan bisa menimbulkan radikalisme, dari situlah identitas terpenting adalah kepribadian. "Maka dari itu wawasan kebangsaan yang di sampaikan kepada siswa-siswi sekolah menengah atas merupakan bentuk dari ketahanan pribadi masing-masing, " papar dandim kepada Media.

Hadir dalam kesempatan ini Walikota Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota yang di wakilkan oleh Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP. Edy Priono,SH, Ketua KNPI , Ketua Brother, KPAI Kota Sukabumi.