KORAMIL 0713/CICURUG ADAKAN PENGHIJAUAN ANTISIPASI TANAH LONGSOR

Bertempat dibantaran saluran irigasi Kampung Ciutara,Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi telah dilaksanakan  penghijauan antisipasi tanah longsor. Selasa (21/1/2020).

 

 

 

 

 

Upaya ini dilakukan  sebagai tindaklanjut perintah atasan untuk menanam pohon di daerah rawan longsor. Muspika Cicurug serentak tanam pohon untuk mencegah bencana alam.

Danramil 0713/Cicurug Kapten Inf Dadang Hasbilah, mengatakan puluhan pohon jenis buah-buahan untuk penahan longsor di bantaran saluran irigasi sepajang tanggul bantaran irigasi di kampung Ciutara, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug. “Selain untuk mempertahankan struktur tanah agar tidak terjadi longsor namun juga buahnya nanti bisa di nikmati oleh warga sekitar,” jelasnya.

Penanaman pohon buah-buahan ini terdiri dari pohon durian, mangga, nangka dan lengkeng ini melibatkan muspika, seluruh anggota Koramil 0713/Cicurug, OKP, ibu-ibu Persit serta pelajar dan tokoh masyarakat. “Penanaman pohon ini atas instruksi pimpinan berdasarkan daerah yang  rawan bencana longsor,” tegasnya.

Sementara, Camat Cicurug, Wawan Godawan menambahkan, kegiatan ini harus benar-benar didukung semua stakeholder, terutama oleh lapisan masyarakat.

“Karena ini adalah upaya ikhtiar untuk kita menciptakan kondisi-kondisi lingkungan  alam sekitar yang harus kita pertahankan,” ujarnya.

Upaya seperti ini juga antara lain untuk memberikan pemahaman berkenaan dengan upaya-upaya melestarikan lingkungan untuk keamanan masyarakat itu sendiri.( Pendim 0607)