BPBD DAN KODIM 0607/KOTA SUKABUMI SOSIALISASI MITIGASI BENCANA ALAM

Bertempat di Makodim 0607/ Kota Sukabumi, Ngaweung Sukaraja, BPBD Kota Sukabumi memfasilitasi helatan pemberdayaan  masyarakat dalam Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam, (Selasa, 24 /11/ 2020). 

Upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana  di wilayah kota sukabumi agar risiko dampak nya berkurang terus dipacu oleh BPBD kota Sukabumi. Kepala Staf Kodim 0607/ Kota Sukabumi Mayor Chb.  Khoirulloh Amin secara resmi membuka kegiatan ini.

 

 

 

Kegiatan ini di Hadiri langsung oleh  Pa Bandya Lat Sop Dam III/ Slw Mayor Inf Afri.S.Ritonga, dan Kepala pelaksana BPBD Kota Sukabumi HR Imran Wardani ,SIP, MSI dan Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Zulkarnain Barhami dan tim KIE bencana

Acara  ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan  keterampilan individu dalam upaya mengurangi risiko bencana . Dengan peserta dari wilayah Sukabumi Kota   Karena pentingnya kesiapsiagaan mulai dari diri sendiri  dipraktekkan Golden Time penyelematan dari gempa bumi dan ikutannya seperti longsor. Mulai mengenalkan daerah rawan bencana papan informasi bencana serta  alat alat PB sampai  dengan praktek  tindakan emas  yang dilakukan pada saat terjadi bencana biar selamat dari bencana.

Dalam sambutannya Kalak BPBD kota Sukabumi, HR Imran Wardani,  menekankan  semua orang mempunyai risiko terhadap potensi bencana, sehingga penanganan bencana merupakan urusan semua pihak (everybody’s business). Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab (shared responsibility) dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan, baik anak, remaja, dan dewasa. Seperti yang telah dilakukan di jepang, untuk menumbuhkan kesadaran kesiapsiagaan. Namun demikian upaya terpadu untuk melakukan  kesiapsiagaan dalam  menghadapi bencana masih rendah dan belum menjadi budaya sadar bencana. 

Hasil survey di Jepang, great Hansin earthquake 1995, korban yang dapat selamat  dalam durasi “golden time” disebabkan oleh : (1) kesiapsiagaan diri sendiri sebesar 35%, (2) dukungan anggota keluarga sebesar 31,9%, (3) dukungan teman/tetangga sebesar 28,1%, (4) dukungan orang  disekitarnya  sebesar 2,60%, (5) dukungan tim sar sebesar 1,70% dan (6) lain-lain sebesar 0,90%.

Sementara itu Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabum, Zulkarnain Barhami, menjelaskan praktek ini sangat urgen untuk dilakukan secara rutin terlebih kita ada even hari kesiapsiagaan bencana   berbagi praktek ilmu pengetahuan dan informasi kebencanaan dalam rangka mewujudkan pengurangan risiko bencana serta untuk meminimalisir korban dari bencana yang tidak pernah terduga kapan datangnya sesuai dengan standar pelayanan minimal yang harus dilatihkan.  " Pungkasnya. (Pendim 0607).

 

 

BERITA LAINNYA

PEMBUKAAN TMMD KE 110 TA. 2021 KODIM 0607/KOTA SUKABUMI | SEMANGAT GOTONG ROYONG

Bertempat di Kantor Balai Desa Sundawenang Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi telah dilaksanakan acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Ta. 2021 Kodim 0607/Kota Sukabumi. Acara dimulai dengan paparan Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, M.I.Pol Selaku Dansatgas. Selasa (2/3/2021).

TMMD ini di buka oleh Bupati Sukabumi dengan penandatangan kerja sama antara Pemda Kab. Sukabumi dengan Kodim 0607/Kota Sukabumi serta penyerahan alat kerja kepada Danki TMMD dan Kepala Desa Sundawenang.

 

 

 

SP_READ_MORE

RAPAT KOORDINASI TMMD KE-110 TA. 2021 KODIM 0607/KOTA SUKABUMI

Bertempat di Aula kantor  Desa Sundawenang Jl.Siliwangi Parungkuda telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi TMMD ke -110 TA. 2021 Kodim 0607/ Kota Sukabumi.( Rabu, 24/02/2021)

Komandan Kodim 0607/ Kota Sukabumi Letnan kolonel Infanteri Danang Prasetyo Wibowo, M.I.PoL  memimpin langsung kegiatan Rakor ini. Kepada peserta rakor dandim Menyampaikan bahwa Kegiatan  ini merupakan kegiatan program dan kerjasama antara TNI AD dengan pemerintah Daerah untuk pembangunan di msyarakat. Kegiatan yang dilakukan antara lain pembangunan jembatan dan jalan serta Rutilahu sebanyak 20 unit, kami mengundang beberapa  perusahaan sekitar parungkuda dengan maksud bisa dikerjasamakan perusahaan bila ada.

 

 

SP_READ_MORE

VAKSINASI COVID-19 TAHAP 2DI WILAYAH KOTA SUKABUMI

Bertempat di Dago/depan Balaikota Jl. Ir. H. Juanda Kota Sukabumi  telah dilaksanakan vaksinasi covid-19 dosis ke-2 di Kota Sukabumi. Komandan Kodim 0607/ Kota Sukabumi Letnan Kolonel Infanteri Danang Prasetyo Wibowo,M.I Pol. bersama Forkopimda Kota Sukabumi melaksanakan vaksinasi covid-19 dosis ke-2. (Kamis, 11/02/2021)

 

 

 

 

SP_READ_MORE

PERSIT KCK CAB XVII KODIM 0607/KOTA SUKABUMI SUMBANGKAN DARAH

Bertempat di PMI kota Sukabumi jln.A.R Hakim No.51 kel. Benteng kec. Warudoyong Kota Sukabumi telah dilaksanakan Giat Donor Darah Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVII  dalam Rangka Bakti Sosial. (Kamis,11/02/2021)

Ketua Persit KCK  Cab XVII Kodim 0607/Kota Sukabumi Rinita Danang Prasetyo Wibowo  kepada media mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kepada warga masyarakat yang saat ini membutuhkan transfusi darah.

 

 

 

SP_READ_MORE

TELAH DIMULAI PRA TMMD KE 110 KODIM 0607/KOTA SUKABUMI

Bertempat dikampung Kebon Panjang Rt 36 & Rt 37 RW 15 Desa Sundawenang Kec.Parungkuda kab. Sukabumi telah dilaksanakan kegiatan Pra TMMD ke 110 Kodim 0607 / Kota Sukabumi TA 2021. (Rabu, 10/02/2021).

Kepala Staf Kodim 0607 / Walikota Sukabumi Chb.R. Khoiruloh mewakili Bapak Dandim menyampaikan kepada media "hari ini kita laksanakan pra TMMD ke 110 di Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, rangkaian kegiatan pra TMMD sebetulnya mengerjakan lebih awal dari rencana pembukaan yang akan dilaksanakan 1 Maret 2021.

 

 

 

SP_READ_MORE