You are here: HomeRedaksiBeritaDANDIM 0607/KOTA SUKABUMI HADIRI PERESMIAN JALAN LINGKUNGAN DAN BUDIDAYA IKAN

Bertempat di Makodim  0607/ Kota Sukabumi jalan RA.Kosasih,Ngaweng Sukaraja Sukabumi telah dilaksanakan  pendistribusian obat dan pemberian sembako kepada warga yang melaksanakan isolasi mandiri(Jumat, 23Juli 2021)

 

 

 

 

Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Kav Mujahidin, S.Sos lakukan bakti sosial bersama Komunitas offroader brother, offroader Sukabumi dan Forkopimda Kota Sukabumi. Bertempat di Kampung  Ciseupan, Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi.Berlangsung acar

...

DANDIM 0607/KOTA SUKABUMI HADIRI PERESMIAN JALAN LINGKUNGAN DAN BUDIDAYA IKAN

Bertempat di Kp. Cipancur Desa Padaasih Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, telah dilaksanakan peresmian jalan Lingkungan. Minggu (12/06/2022).

Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P., M.M.Han., M.I.Pol. menghadiri peresmian jalan Lingkungan dan UMKM Budidaya Ikan serta BKM oleh Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami.

 

 

 

Dalam sambutanya Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami menyampaikan apresiasinya atas inisiatif masyarakat di wilayah Padaasih. Bupati juga mengatakan, bukan hanya di Cipancur Padaasih tapi diseluruh wilayah diharapkan peran masyarakat dalam pembangunan infrastruktur bukan hanya ketergantungan anggaran pemerintah.

“Masyarakat harus bisa termotivasi, bagaimana meningkatkan persoalan-persoalan di daerah dengan gotong royong itu luar biasa, apalagi ditambah potensi yang dimiliki tempat ini dimungkinkan infrastruktur itu diperbaiki serta dimanfaatkan oleh UMKM oleh pengusaha-pengusaha perikanan ini. Anak-anak muda disini luar biasa,”kata Bupati Sukabumi.

Bupati menambahkan, Dana desa itu dana pemerintah dari masyarakat untuk menjadi support pembangunan di desa, namun tetap saja masyarakat harus turut berkontribusi dalam memelihara, mengawasi dan saling memperbaiki infrastruktur yang ada.

Mengenai Program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) jelas membuka isolasi karya bakti mempercepat penguatan dari infrastruktur yang dimiliki oleh daerah. Ditambah lagi masyarakatnya kalau tidak bisa dengan karya bakti masyarakat perlu bergotong royong. Terkait hal itu kadang-kadang anggaran itu susah, apakah wilayah tersebut harus dari Kepala Desa, Dinas Perkim, Dinas Pekerjaan umum (PU), jadi menghitungnya bikin lama. Tapi kalau masyarakat gotong royong, tidak menunggu dua atau tiga tahun,” tandasnya.

Bupati Sukabumi juga mengungkapkan manfaat dari adanya akses jalan semakin meningkatkan potensi ekonomi bisa lebih berjalan. Harga tanah juga akan meningkat bisa tiga kali lipat dari awal, itulah indikator kalau satu pembangunan itu mempunyai kontribusi pergerakan lingkungan.

“Mengenai adanya potensi Desa, di Desa itu ada BUMDES , BUMDES itu bisa bekerja harus ada peran masyarakat. Sama halnya kita punya lahan bisa saja di kerjasamakan dengan BUMDES atau yang punya lahan bisa memberikan ruang kepada teman-teman karang taruna atau milenial disini untuk bisa bekerja,” imbuhnya.

“Jadi jangan berpikiran hanya jadi pekerja, tapi bagaimana mereka berusaha. Makanya saya selalu bilang dari pada honor di PNS mending jadi tukang bakso, itu mindsetnya yang harus dirubah di masyarakat. Selama ini, masyarakat kita berpikir anak itu harus jadi pegawai negeri, padahal jadi seorang wiraswasta pahalanya oleh Allah lebih banyak dibandingkan jadi pegawai. Kita berharap disini dapat berkembang baik, bila disini jejaring penggunanya informasi sangat tinggi, ini peluang bisa saja nantinya jadi pasar nila merah dan pasar apapun bisa dipakai di media sosial, ”pungkas Bupati.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Padaasih Aum Ruhyadi menyampaikan syukur Alhamdulillah dan apresiasi serta merasa bangga kepada masyarakat Cipancur Desa Padaasih.

“Hari ini swadaya murni yang tadinya jalan rusak hingga menjadi baik. Mudah-mudahan ini jadi Desa percontohan dari Desa-desa yang lainya melalui mitra kerja dengan Cipancur khususnya dan nantinya insyaallah akan kita support dengan dana BUMDES. Insyaallah kita jadikan kampung Cipancur ini kampung online yang bermartabat bersih mandiri dan bersahabat,” kata Kades penuh keyakinan.

Kepala Desa juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Sukabumi yang telah memberikan support beserta jajaran. , beliau berkenan menyempatkan hadir dengan begitu semangat semoga bupati Sukabumi lebih baik kedepan, kuat, sehat, lancar dan selamat dunia akhirat.

Kegiatan ini juga  dihadiri Kadis Pekerjaan Umum, Kadis Kominfosan, Muspika Kecamatan Cisaat serta sejumlah tamu undangan lainnya.(Pendim 0607)