DANDIM 0607/KOTA SMI HADIRI UPACARA HARI SANTRI NASIONAL TINGKAT KOTA SUKABUMI

Bertempat di Lapang Merdeka Kota Sukabumi telah berlangsung Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2019. Komandan Kodim 0607/ Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo Menghadiri Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kota Sukabumi. Dengan Tema " Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia" (Selasa, 22/19/2019)

 

 

 

 

Acara ini dihadiri oleh Walikota,Dandim 0607/Kota Smi, Kapolres Sukabumi Kota,Wakil Walikota Smi, Danyon 310/KK, Wadanyon Armed13/NGL, MUI Kota Smi, Kemenag Kota Sukabumi, PC NU Kota Smi, Camat Se-Kota Sukabumi, Pimpinan ponpes Se-Kota   Sukabumi.

Sambutan Menteri agama yang disampaikan oleh Irup H Achmad Fahmi . Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.  Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pada tahun 2015 menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda secara berurutan.Pada tahun 2016 mengusung tema dari pesantren untuk Indonesia tahun 2017 - 2018 bersama santri damailah negeri.  

Pada tahun 2018-2019 mengusung tema Indonesia untuk perdamaian dunia yang diangkat berdasarkan fakta bahwa sejatinya adalah laboratorium pertanian sebagai laboratorium perdamaian merupakan tempat mengenai ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Sikap toleran dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud 

Semangat akhiran inilah yang banyak menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian. Selamat Hari Santri Nasional untuk Perdamaian Dunia, NKRI Harga Mati.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan hiburan Marawis dari MAN 1, Marching Band MAN2 dan beladiri dari ponpes Al-Fath. (Pendim 0607)