Articles

Kodim 0607 Sukabumi Gelar Pemeriksaan Penyakit Katarak

SUKABUMI  – Kodim 0607 bersama Yayasan Budha Tzu Chi dan Dinas Sosial Kota Sukabumi menggelar bakti sosial di bidang kesehatan berupa tes screening dan operasi katarak mata untuk warga Kota dan Kabupaten Sukabumi di Makodim 0607 di Jalan RA Kosasih, Sabtu (11/3/2017).

Sejatinya, pada kegiatan tersebut hanya melakukan screening saja, adapun untuk pelaksanaan operasi katarak akan dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai pada 24-26 Maret mendatang.

Ricky, relawan Budha Tzu Chi menuturkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan di 59 wilayah hingga saat ini.

 

 “Ini murni hasil dari galangan dana Budha Tzu Chi,” ujar Ricky.

Humas Yayasan Tzu Chi, Yanto Gunawan mengatakan, kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk membantu pengobatan masyarakat yang tidak mampu dan mempunyai penyakit katarak.

Menurut dia, yang mendaftar tak hanya orang tua, tapi ada juga anak-anak karena bakti sosial ini untuk segala usia.

“Saat ini sudah 740 orang yang mendaftar. Mereka warga dari Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta didominasi oleh kaum lanjut usia. Kemungkinan sebelum pendaftaran ditutup akan masih bertambah,” terangnya.

Ia menjelaskan, screening wajib diikuti peserta karena merupakan pemeriksaan awal sebelum operasi katarak.

“Screening ini untuk mengetahui hasil pemeriksaan untuk mengetahui peserta yang bisa ikut operasi itu mana saja, sedangkan untuk penanganan dilakukan tim dokter dari Jakarta dan daerah,” terangnya.

Komandan Kodim 0607 Kota Sukabumi, Letnal Kolonel Muhammad Mahfud As’at mengapresiasi bakti sosial di bidang kesehatan ini karena memberikan manfaat untuk kita semua khususnya bagi para penderita katarak.

 

sumber : POJOKJABAR.com