Articles

Danramil 0701/Sukaraja Mewakili Dandim 0607/Kota Sukabumi Narasumber Materi Wasbang Di Ummi

 Senin, 14 September 2015. Danramil 0701/Sukaraja Kapten Inf Jamaludin mewakili Dandim 0607/Kota Sukabumi menjadi Narasumber Materi  Wawasan Kebangsaan kepada Calon Mahasiswa/Mahasiswi UMMI dalam rangka mengisi acara Mastaka (Masa Ta'aruf dan Keakraban). Dilaksanakan di Kampus UMMI Kota Sukabumi, sebagai penyelenggara  Senat Mahasiswa UMMI dengan peserta berjumlah 565 orang.


Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, sedangkan di sisi lain kaum colonial terus menggunakan politik “devide et impera”. Kendati demikian, catatan sejarah perlawanan para pahlawan itu telah membuktikan kepada kita tentang semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dalam usaha mengusir penjajah dari Nusantara. Dalam perkembangan berikutnya, muncul kesadaran bahwa perjuangan yang bersifat nasional, yakni perjuangan yang berlandaskan persatuan dan kesatuan dari seluruh bangsa Indonesia akan mempunyai kekuatan yang nyata.